peluang bisnis untuk mahasiswa
Bisnis Online

11 Ide Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa yang Menghasilkan

Sebelumnya saya sudah menuliskan mengenai ide peluang bisnis untuk Anak Sekolah SMA, dan sekarang saatnya kita membahas mengenai ide peluang bisnis untuk mahasiswa.

Tidak sedikit mahasiswa di Indonesia yang memilih untuk berkuliah di tempat yang jauh. Hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk mengejar masuk ke perguruan tinggi favorit mereka.

Misal, Riko merupakan putra daerah dari Maluku. Karena merasa Universitas Indonesia memiliki potensi untuk membuat dirinya lebih baik lagi, Riko pun memutuskan untuk masuk ke Universitas Indonesia.

Setelah berhasil masuk ke Universitas Indonesia, tentunya Riko akan mencari tempat tinggal yang biasa dikenal mahasiswa rantau dengan sebutan kos atau bisa juga menyewa rumah.

Karena posisi jauh dari rumah, tentu Riko tidak bisa bersantai-santai seperti dulu lagi. Ia harus bisa mandiri, mulai dari urusan pribadinya seperti makan, cuci baju, cuci sepatu, hingga memanajemen uang.

Banyak mahasiswa di Indonesia yang mendapatkan uang dari uang bulanan yang diberikan orang tua mereka. Mengatur uang yang diberikan ini agar bisa sampai di akhir bulan bukanlah perkara yang mudah. Belum lagi pengeluaran-pengeluaran yang tak terduga seperti membeli buku, kegiatan kampus, dan masih banyak lagi.

Karena penyebab inilah, banyak Mahasiswa Indonesia yang memutuskan untuk mencari uang tambahan. Dengan begitu mereka bisa menutupi kekurangan uang dari yang mereka dapatkan perbulan, bahkan bisa juga membantu orang tua mereka.

Ada banyak cara mahasiswa indonesia untuk menghasilkan uang tambahan, yang paling sederhananya adalah mencari Beasiswa. Harapnya, dengan mendapakan Beasiswa mereka akan kedatangan uang tambahan dari si pemberi beasiswa.

Akan tetapi, tidak semua mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa. Lagi pula beasiswa juga memiliki aturan. Maksud saya aturan di sini yaitu jumlahnya yang sudah ditetapkan.

Oleh sebab itulah banyak mahasiswa yang memutuskan untuk mencari uang tambahan dengan membuka bisnis mereka sendiri. Namun, beberapa mahasiswa justru bingung dan stuck pada fase memikirkan dan mencari ide bisnis apa yang akan mereka jalankan dan peluang bisnis apa yang berpotensi menghasilkan banyak uang.

Melalui artikel ini saya akan memberikan referensi ide peluang bisnis yang cocok untuk mahasiswa bahkan berpotensi memiliki penghasilan yang besar. Namun sebelumnya pastikan kamu membaca tulisan-tulisan seputar bisnis online lainnya di bingungonline

Ide Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa

1. Jualan Voucher Game

peluang bisnis untuk mahasiswa

Saya paham betul banyak mahasiswa yang mencari bisnis santai agar mereka tetap bisa mengimbanginya dengan kuliah mereka. Namun, meskipun santai mereka juga tidak ingin mendapatkan penghasilan yang kecil.

Jika kamu salah satu orang yang seperti itu, maka berjualan voucher game adalah hal yang cocok untuk kamu lakukan.

Mengapa peluang bisnis jualan voucher game online cocok untuk mahasiswa?

Kita melihat pasar banyaknya orang-orang yang bermain game online. Dan game online sekarang tentu memiliki fitur yang harus dibeli dengan menggunakan voucher game. Seperti Diamond yang ada di Mobile Legend, dan cash yang ada di Point Blank.

Tentu tidak sedikit mahasiswa yang bermain game online, karena bagi mereka game online bisa membantu untuk menenangkan dan menghibur mana kala tugas sedang menumpuk.

Hal ini bisa kamu manfaatkan, kamu bisa berjualan dan memasarkannya kepada teman-teman kamu.

Berjualan voucher game online ini termasuk ke peluang bisnis untuk mahasiswa modal kecil. Nanti kalau sudah mendapatkan keuntungan bisa digunakan untuk modal yang lebih besar lagi agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga.

Bagaimana cara memulai untuk berjualan voucher game online? Kamu bisa menggunakan tautan berikut untuk mulai belajar cara berjualan voucher game online.

2. Jadi Freelancer

peluang bisnis untuk mahasiswa

Freelancer merupakan suatu pekerjaan yang sedang banyak diminai oleh orang-orang. Pasalnya, kita tidak memiliki aturan waktu dan kekangan. Melainkan kita sendirilah yang menentukan waktunya. Tapi kita juga harus tidak boleh terlena dengan waktu. Untuk menjadi seorang freelancer yang baik, kita harus bisa memanajemen waktu agar bisa menyelesaikan pekerjaan dan deadline yang ada.

Mengapa peluang bisnis Freelancer cocok untuk mahasiswa?

Seperti yang kita ketahui bahwa meskipun memiliki banyak tugas, mahasiswa tergolong memiliki banyak waktu santai. (tergantung siapa yang memanajemennya)

Nah waktu yang santai ini dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan proyek-proyek dari client mereka.

Menjadi freelancer juga artinya kita sedang berposes mengumpulkan portofolio sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, ketika lulus nanti akan mudah mendatangkan tawaran pekerjaan untuk kita, karena sudah memiliki portofolio yang apik.

Baca Juga :

3. Penulis lepas

peluang bisnis untuk mahasiswa

Ini sebenarnya lanjutan dari poin ke-dua. Menjadi seorang penulis lepas atau freelancer writer sangat cocok dijadikan ide peluang bisnis untuk mahasiswa terbaik. Efektif dan efisien, lagi-lagi kembali kepada siapa yang memanajemen waktunya.

Mengapa peluang bisnis penulis lepas cocok untuk mahasiswa?

Sama seperti ide bisnis nomor dua, kita tidak terikat pada aturan waktu orang lain. Kita sendiri lah yang menciptakan aturan waktu untuk diri kita sendiri. Lebih dari pada itu, mahasiwa di indonesia entah itu mau dari jurusan apa saja tentu dituntut untuk bisa menulis dengan baik.

Hitung-hitung dengan menjadi penulis lepas dapat membantu kita mengasah kepenulisan kita. Sehingga, berbisnis dapat nilai di kampus pun dapat.

4. Youtuber

peluang bisnis untuk mahasiswa

Saya yakin, menjadi seorang youtuber pasti terlintas dipikiran kamu ketika memutuskan untuk menjalani usaha agar bisa mendapatkan uang tambahan. Memang betul, saat ini youtuber adalah pekerjaan yang banyak diminati berbagai kalangan. Terlepas dari penghasilannya yang tidak main-main menjadi seorang youtuber juga menyenangkan, karena bisa mengasah soft skill kita juga.

Mengapa ide usaha menjadi Youtuber cocok untuk Mahasiswa?

Lagi-lagi kita mempertimbangkan mengenai keefisienan waktu. Waktu renggang yang dimiliki mahasiswa bisa dimanfaatkan untuk membuat video dan menguploadnya di Youtube.

Belum lagi waktu liburnya, yang bahkan sampai 3 bulan. Jangka waktu ini tentu bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meraup pundi-pundi uang.

https://bingungonline.com/review-canon-powershot-g7x-mark-ii/amp/

5. Podcaster

peluang bisnis untuk mahasiswa

Barangkali untuk kamu yang mau bersuara tapi tidak ingin menunjukan muka. Menjadi seorang podcaster sepertinya cocok untuk kamu jalankan. Kamu bisa mengupload rekaman suara kamu baik di youtube maupun aplikasi-aplikasi podcaster yang bisa mendatangkan uang untuk kita seperti spoon.

Mengapa ide usaha menjadi Podcaster cocok untuk Mahasiswa?

Saya sering menjumpai teman-teman saya yang memiliki karya-karya puisi yang indah. Tapi hanya sebatas mereka pendam saja. Saya berpikir tidak ada salahnya jika puisi itu direkam dan disuarakan biar didengar orang lain. Lebih-lebih bisa mendatangkan uang.

6. Fotografer

peluang bisnis untuk mahasiswa

Kamu lebih suka dengan seni fotografer? Maka tidak ada salahnya kamu menjalankan bisnis fotografer. Apalagi kalau kamu memiliki kamera. Sayang sekali jika kamera itu tidak dimanfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Mengapa ide peluang usaha menjadi Fotografer cocok untuk Mahasiswa?

Saya yakin, dikampus kamu pasti memiliki banyak sekali kegiatan dari masing-masing organisasi atau UKM yang ada. Belum lagi dengan acara yudisium dan wisuda nya? Nah hal ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis yaitu dengan menjadi fotografer.

Buatlah feed instagrammu semenarik mungkin dengan hasil jepretanmu, kemudian sebarkan portofolio mu, minta bantuan teman untuk mempromosikan, dan gaet client sebanyak-banyaknya.

https://bingungonline.com/review-lengkap-kamera-mirrorles-fujifilm-x-a5

7. Jasa Edit Video

peluang bisnis untuk mahasiswa

Dengan semakin mudahnya mendapatkan pembelajaran di internet, saya percaya bahwa tidak sedikit mahasiswa yang bisa mengedit video. Bermain Premiere, Vegas Pro, hingga after effect.

Soft skill semacam itu alangkah tidak baiknya jika hanya dipendam sendiri dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Oleh sebab itulah, jasa edit video cocok untuk dimulai sebagai bagian usaha kamu para mahasiswa.

Mengapa ide usaha Jasa edit video cocok untuk mahasiswa?

Alasannya hampir sama dengan fotografer. Di kampus tentu banyak kegiatan yang menuntut untuk di dokumentasikan. Sebagai orang yang memiliki keahlian mengedit video, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa edit video dari setiap footage dokumenter kegiatan kampus itu.

8. Web Developer dan Web Designer

peluang bisnis untuk mahasiswa

Maraknya perkembangan teknologi secara tidak langsung menuntut berbagai aspek untuk di onlinekan. Hal paling sederhananya adalah dengan memiliki website.

Mengapa peluang bisnis Web Developer dan Web Designer cocok untuk Mahasiswa?

Tidak banyak orang yang bisa membuat website, dan hal ini bisa kita jadikan sebagai peluang. Web Developer dan Web Designer cocok untuk peluang bisnis mahasiswa teknik informatika. Kamu bisa menawarkan jasa mu ini kepada organisasi atau ukm yang ada di kampusmu, hingga perusahaan yang ada disekiar kampusmu.

9. Jualan Online

peluang bisnis untuk mahasiswa

Jualan Online termasuk Bisnis online yang cocok dijalankan mahasiswa. Di Indonesia tidak sedikit online shop yang mempersilahkan orang lain untuk menjual produknya di toko online mereka. Nah kita tidak boleh hanya sekedar diam, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan. Kamu buat produk terus pasarkan di toko online

Mengapa peluang bisnis online shop cocok untuk Mahasiswa?

Banyak mahasiswa di Indonesia yang kreatif, bisa menghasilkan suatu karya berkat tangan mereka. Nah karya-karya tersebut bisa dijualkan di online shop.

Buat kamu yang mau mulai jualan di toko online bukalapak, panduannya bisa kamu lihat di sini :

10. Jasa Design Banner/Spanduk

peluang bisnis untuk mahasiswa

Design adalah seni yang mahal, butuh proses untuk mempelajarinya. Tidak semua orang yang belajar design akan menghasilkan hasil seni yang baik. Semua tergantung dari seni yang ada dalam diri mereka. Design banner adalah salah satu hal yang tidak banyak bisa dilakukan orang-orang. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk peluang bisnis.

Mengapa peluang bisnis jasa design banner cocok untuk Mahasiswa?

Lagi-lagi, mari kita lihat pasar yang ada di kampus terlebih dahulu. Tentu banyak sekali kegiatannya. Dan jika diperhatikan, setiap kegiatan pasti ada bannernya. Nah kamu bisa menawarkan jasa kamu untuk membuat design banner.

11. Investasi atau Trading Cryptocurrency

Lah, boro-boro mau investasi. Uang untuk makan aja seadanya.

Untuk kamu yang merupakan mahasiswa rantauan dan ngekos, dapat uangnya bulanan atau mingguan?

Nah uang itu bisa kamu sisihkan dengan cara berinvestasi bitcoin. Selain memiliki uang simpanan, dengan berinvestasi bitcoin berpotensi akan membuat uang tersebut bertambah karena harga Bitcoin yang naik.

Bagaimana mulai trading atau investasi dengan bitcoin?

Untuk kamu yang mau belajar tentang Bitcoin, silahkan lihat panduan lengkapnya berikut

Dari kesepuluh ide peluang bisnis di atas, mana yang akan kamu jalankan? Atau kamu masih bingung? Silahkan tanya di kolom komentar, sebisa mungkin nanti akan saya jawab.

Sekian untuk artikel 10 Ide Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa yang Menghasilkan

Baca Juga :