design ui/ux user friendly
Design

6 Kiat Membuat Desain UI UX Lebih User Friendly

Banyak product yang gagal akibat desain UI UX nya tidak user friendly. Hal ini pun mengakibatkan kegagalan dalam bisnis dan productnya.

Salah satu indikasi dari keberhasilan desain UI UX adalah user dapat dengan mudah menggunakan dan mengakses product kita. Hal demikian disebut dengan User Friendly. Namun makna dari user friendly itu sendiri tidak cukup hanya sebatas mudah diakses.

Dalam tulisan ini saya akan membahas terkait 10 kiat untuk membuat desain UI UX menjadi lebih user friendly.

Apa itu User Friendly?

User Friendly adalah kesan dari user experience atau user interface yang mudah digunakan. Konotasi dari “friendly” bermaksud bahwa website atau aplikasi yang digunakan tidak sulit untuk dipelajari atau dipahami.

Membuat Desain UI UX menjadi User Friendly

  1. Buat product menjadi simple

Design by Alex Arutuynov

Kebanyakan orang ketika mendapatkan sebuah ide akan berupaya membuat productnya memiliki kesan “WOW” agar dapat membuat pelanggan tertarik. Keinginan yang semacam itu terkadang membuat orang tersebut lupa untuk mengkelompokan idenya menjadi lebih terstuktur dan membiarkan mereka berada di satu tempat.

Sehingga ketika membuat desain UI UX nya mereka menempatkan banyak hal di satu halaman dan tidak tertata dengan rapi sama sekali. Akibatnya, pengguna kewalahan dan tidak tahu harus mulai dari mana. Terlalu banyak pilihan membuat orang bimbang dan mereka lebih memilih untuk pergi daripada berurusan dengan banyak pilihan.

Product yang user friendly tidak membebani user dengan banyak pilihan, ia berfokus pada satu ide utama.

Jadi sangatlah penting untuk membiarkan desain UI UX kita simple. Karena hal itu akan membuat user lebih cepat memahami product website maupun mobile aplikasi kita.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat desain UI UX menjadi lebih simple

  1. Jangan buat satu hal di tiap-tiap satu layar
    Buatlah design yang tidak fokus pada satu hal di masing-masing satu layar. Biarkan mereka bergabung tapi tetap rapi. Biarkan user memutuskan apa yang akan mereka pilih dan mempelajari lebih lanjut
  2. Buang hal-hal yang kurang penting
    Simple berarti kita membiarkan hal-hal penting terstuktur, membiarkan hal-hal kurang penting ikut serta dalam design akan membuat design UI/UX kita menjadi berantakan dan bertumpuk-tumpuk.
  3. Bagi beberapa hal menjadi potongan-potongan kecil
    Sangatlah penting untuk tidak membiarkan satu konten berada di satu layar penuh. Maka dari itu mari bagi hal-hal itu menjadi potongan-potongan kecil dengan maksud tidak terlalu memakan tempat

  1. Buat Desain UI UX menjadi clean
Design by Anna Sonkava

Design yang simple tanpa dipadukan dengan design yang clean akan seperti sup tanpa garam. Pengkombinasian antara simple dan clean akan menjadi hidangan yang sempurna untuk user. Desain website maupun aplikasi yang bersih akan memberikan kesan rapi dan elegan. Hal ini akan membuat user menjadi betah dan menumbuhkan kenyamanan bagi user

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat desain menjadi lebih clean:

  1. Buat navigasi menjadi jelas dan rapi
    Menu yang berjajar di sebuah header website akan baik-baik saja jika hanya 5-7 menu. Bagaimana jika website tersebut memiliki 10-15 menu? jika semuanya dijajarkan mungkin itu akan membuat website terlihat begitu kotor. Maka dari itulah, jika kita memiliki menu yang banyak, kita bisa membuatnya menjadi lebih rapi dan terstuktur dengan menggunakan hamburger menu atau drop-down menu.
  2. Tetap konsisten
    Jangan membuat lima cara berbeda untuk menampilkan tombol yang sama di seluruh bagian user interface. Hal ini akan membuat bingung. Membuat design yang konsisten dapat mendukung terciptanya design UI/UX yang clean.
  3. Buat label design menjadi jelas
    Buat label design menjadi jelas jelas.Pastikan pengguna memahami informasi apa yang perlu mereka berikan dan apa yang terjadi setelah mereka menekan tombol. Jika memungkinkan, tambahkan nilai default selama tahap pengembangan aplikasi. Ini akan membuat pekerjaan user lebih mudah dan mempercepat proses pendaftaran.
  1. Pastikan Desain UI UX Intutitive
Design by Angel Villanueva

Kita ingin user melakukan pembelian, tidak membuang-buang waktu mereka di bagian FAQ atau membanjiri pertanyaan-pertanyaan. Desain yang intuitif bisa tampak membosankan karena mengandalkan prinsip-prinsip yang sudah sama. Namun yang terpenting adalah membuat user cepat memahami navigasi dan icon-icon yang ada. Dengan begitu user tidak bingung dan cepat mengerti dengan sekali scan.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat design menjadi lebih intuitive

  1. Ganti ikon dengan teks
    Kamu juga dapat melengkapi ikon dengan teks jika ada cukup ruang, tetapi gambar tanpa penjelasan lebih membingungkan daripada membantu, terutama untuk produk baru di pasar.
  2. Berikan feedback visual
    Pengguna perlu melihat perubahan nyata setelah mereka menekan tombol atau meluncurkan proses. Jika tidak, mereka akan menganggap kesalahan dan mencoba lagi sampai produk Anda rusak. Tambahkan perubahan warna, animasi, atau keterangan alat jika sesuai. Pengguna akan menghargainya.
  3. Biarkan elemen interaktif tampil
    Pengguna tidak harus menebak apa yang harus dilakukan dan ke mana harus menekan untuk mencapai tujuan mereka. Tombol dan tautan harus terlihat berbeda dari gambar dan teks biasa. Bahkan perbedaan kecil, seperti bayangan atau sorotan, membuat perbedaan nyata.
  1. Buat Product Dapat Diandalkan
Design by Ghulam Rasool

Product yang dapat diandalkan memiliki artian bahwa product tersebut cekap tanggap dalam menghadapi tiap masalah serta eror yang ada. Namun sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana caranya kita menerjemahkan bentuk dari keandalan ke dalam design?

  1. Mencegah user melakukan kesalahan yang tidak disadari
    Sangat penting untuk membuat user memastikan bahwa tiap transaksinya aman. saya pernah membahas terkait tips design button untuk UI UX. Dalam tulisan itu saya membahas terkait garansi keamanan yang design tawarkan kepada user ketika mereka menekan suatu tombol. Jangan sampai kita memberikan kesan ragu ketika user menekan sebuah tombol. Seperti “apakah yang terjadi jika saya menekan tombol ini?”. Dalam kata lain desain yang user friendly tidak hanya memiliki tampilan yang bagus saja, tapi juga memberikan kesan aman untuk user
  1. Kumpulkan informasi secukupnya
    Sangat menggoda untuk meminta email dan nomor telepon segera setelah pengguna masuk. Namun, ini mungkin akan menjauhkan sebagian besar user. Solusinya adalah kita bisa meniru apa yang dilakukan Airbnb yaitu meminta informasi kontak hanya setelah user tersebut memilih untuk menggunakan layanan atau membeli product kita.
  1. Ciptakan Desain UI UX Yang Konsisten
Design by Ghulam Rasool

Kita tidak ingin membuat user bingung karena terlalu banyak bentuk tombol dalam sebuah aplikasi. Bayangkan saja jika satu tombol dengan fungsi yang sama di masing-masing tempat memiliki bentuk yang berbeda serta warna yang berbeda pula. Ada yang radiusnya full bulat, ada yang sengaja lancip, ada yang diberi radius sedikit.

Terlepas dari membuat user bingung, ketidak konsistenan juga memberikan kesan tidak profesional bagi sebuah product.

Desain UI UX yang konsisten akan membuat user cepat memahami tiap-tiap pola interaksi dalam suatu product. Maka dari itu untuk menciptakan product atau desain UI UX yang user friendly, akan sangat baik jika tampilan dan setiap komponennya konsisten.

  1. Penggunaan Micro Interaction
Design by Cuberto

Micro interaction merupakan animasi yang menambahkan kesan detail serta interaksi visual dalam design. Contoh penggunaan micro interaction yang kerap kali kita temukan adalah ketika sudah melakukan transaksi dengan menggunakan Gopay akan muncul animasi singkat tanda telah sukses melakukan transaksi.

Ini memang hal kecil, tapi siapa yang menyangka kalau dapat memberikan sumbangsi besar untuk membangun product yang user Friendly

Itulah beberapa kiat untuk membuat desain UI UX menjadi lebih user friendly. Jika kamu berencana untuk menghire UI UX Designer untuk mengerjakan project web atau mobile app kamu, bisa dilihat pada portfolionya apakah desainnya sejauh ini sudah user friendly atau belum, karena seperti yang kita bicarakan di atas bahwa desain UI UX yang user friendly pada suatu product dapat membuat user betah dan meningkatkan persentase kesuksesan bisnis kamu.

Menemukan UI UX Desainer Dengan Desain Yang User Friendly

Salah satu tempat yang saya rekomendasikan untuk menemukan desainer UI UX yang kreatif adalah Fastwork.id

Setelah kami lihat banyak desainer UI UX di fastwork yang desainnya sudah user friendly. Jadi apabila kamu sedang mencari UI UX untuk design yang user friendly, kamu bisa coba cari di fastwork.id

Sekilas tentang Fastwork.id

Fastwork merupakan marketplace yang menghubungkan freelancer dan cleint. Ada banyak bidang freelancer yang bisa kamu temukan di sini, salah satunya adalah desainer UI UX.

Tankapan layar situs fastwork.id

Salah satu hal yang saya suka dari Fastwork adalah tampilan websitenya yang sudah memiliki design user friendly serta responsive. Hal ini berkaitan seperti yang kita bahas, dimana itu akan memberikan kemudahan bagi kita untuk menggunakn websitenya.

Hal ini terbukti dari betapa mudahnya menggunakan Fastwork dan mulai mencari freelance.

Ada dua opsi yang bisa kita lakukan untuk mencari freelance di situs ini, pertama dengan langsung mencari spesifik pekerjaan yang dibutuhkan melalui kolom pencarian, atau yang kedua dengan membuat job post.

Tankapan layar form pembuatan job Fastwork.id

Untuk membuat job postnya juga sangat mudah, kita hanya perlu mengisi beberapa form. Yaitu detail pekerjaan, link referensi, anggaran, tanggal deadline, informasi kontak, serta file contoh pekerjaan.

Setelah brief di kirim, kita hanya perlu menunggu pihak Fastwork untuk menyetujui dan menampilkan job kita.

Terlepas dari mudahnya membuat job post atau mencari freelancer, Fastwork juga merupakan marketplace yang terpercaya, ada banyak review positif yang menunjukan job berhasil dengan sukses tanpa ada sedikit pun penipuan.

Jadi bagaimana? tertarik untuk mencari freelancer desainer UI UX di Fastwork?

Mulai membuat job post pertamamu di Fastwork melalui link berikut ya : https://fastwork.id/ui-ux

2