UX/UI Designer and Linux Enthusiast.

Design UI/UX di Linux

Kamu mau belajar menjadi seorang UI/UX designer? atau kamu sudah bisa dan ingin mendesign sebuah web maupun mobile app namun kamu menggunakan sistem operasi linux?

Salah satu bagian dari product designer yang seru dan cukup asik adalah UI/UX design. Saya pribadi begitu nyaman menjadi seorang UI/UX Designer, karena saya menganggap bahwa UI/UX designer adalah cara baru saya untuk menulis.

Tenang saja, tidak perlu khawatir. Karena meskipun kamu menggunakan sistem operasi linux, kamu masih bisa mendesign UI/UX.

Awalnya saya juga bingung, bagaimana membuat sebuah design untuk mobile app, sedangkan saya menggunakan sistem operasi linux.

Saya sudah mencoba untuk menginstall Adobe XD dengan menggunakan playonlinux dan wine, tapi tetap saja tidak bisa. Karena setelah saya cari informasi, memang terdapat error untuk adobe cc di playonlinux.

Saya juga pernah mencoba menggunakan gravit, sayangnya saya tidak terlalu nyaman dengan gravit. Lebih-lebih kita harus membayar terlebih dahulu baru bisa menggunakannya. Alias tidak gratis.

Hingga pada suatu hari, saya mendapatkan informasi bahwa ada aplikasi untuk mendesign UI/UX secara cloud. Artinya kita bisa melakukan pekerjaan UI/UX kita dengan menggunakan browser kita tanpa harus menginstallnya.

Tentu hal ini merupakan kabar yang baik untuk para kaum pengguna linux.

Aplikasi tersebut adalah Figma.

Figma merupakan salah satu aplikasi atau software untuk merancang design UI/UX. Ciri khas dari figma adalah smart animate dan sistemnya yang cloud.

Terlepas dari itu, hal yang menarik dari figma adalah kita bisa berkolaborasi dengan orang lain di waktu yang bersamaan. Sebab, figma menggunakan sistem cloud.

Dan yang tak kalah pentingnya, figma juga gratis.

Usut punya usut, setelah saya cari-cari informasinya. Ternyata figma bisa kita install di linux.

Jadi buat kamu yang sekiranya tidak nyaman bekerja dengan browser, kamu bisa menginstall figma di linux kamu.

Untuk menginstall figma software design UI/UX di linux, kamu perlu menginstall snapcraft terlebih dahulu.

sudo apt-get update
sudo apt-get install snapd

kemudian silahkan klik tombol di bawah ini untuk menginstall figma di linux.

Dengan adanya figma ini tentu sangat membantu para developer baik web maupun mobile app untuk merancang pekerjaan mereka.

Sebab, para developer jadi tidak perlu lagi menggunakan sistem operasi lain, dan tetap setia di linux mereka.

Terima kasih, salam bingungonline.

UX/UI Designer and Linux Enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *