mengatasi Error Redirect URL
Linux

Cara Mengatasi Error Redirect URL(Not Found) di Linux

Ketika masih di awal-awal menggunakan linux dulu, saya menjumpai ada banyak sekali perbedaan antara windows dan linux. Salah satunya adalah dalam segi localhost.

Jika di windows kita bisa menyiapkan localhost kita cukup dengan menginstall Xampp, dan secara otomatis paket dan keperluan-keperluan server seperti Apache, Tomcat dan lain sebagiannya sudah terinstall.

Beda halnya dengan di Linux. Kita perlu melakukan instalasi tiap-tiap paket secara manual. Seperti menginstall Apache, Mysql, PHP, dan lain sebagiannya.

Buat kamu yang belum menginstall LAMP Server di Linux, kamu bisa baca tulisan saya di bawah ini untuk panduan proses instalasinya

Salah satu masalah yang pernah saya alami ketika menyiapkan localhost di linux adalah mendapati error redirect URL(Not Found)

Ya saya sebagai orang awam bingung, itu masalahnya apa. Perasaan di scriptnya sudah aman-aman saja, apache nya juga sudah jalan.

Saya pun melakukan pencarian di internet, dan akhirnya menemukan solusi untuk masalah ini.

Jika kamu juga mengalami masalah yang sama seperti apa yang saya katakan ini, tenang saja, kita akan menyelesaikan masalah ini.

Pertama-tama mari kita identifikasi terlebih dahulu apa sebenarnya error ini.

Jika kita terjemahkan, eror ini mengartikan bahwa adanya kesalahan Redirect URL atau bahkan bisa jadi url nya tidak dijumpai di localhost kita.

Oleh sebab itulah kita perlu memberikan akses url ke file situs kita tadi.

Cara Mengatasi Error Redirect URL(Not Found) di Linux

1. Enable mod_rewrite

Terlebih dahulu kita perlu memastikan bahwa mod_rewrite sudah enable. Untuk melakukan enable pada mod_rewrite silahkan buka terminal kamu dan jalankan perintah berikut:

sudo a2enmod rewrite

2. Restart apache2

Jika sudah di enable mod_rewritenya, kita restart apache kita dengan menjalankan perintah berikut :

sudo systemctl restart apache2

3. Mengatur AllowOverride All di apache2.conf

Buka file apache2.conf karena kita akan menambahkan baris program di file tersebut. Misalnya di sini saya menggunakan text editor gedit, maka jalankan perintah berikut :

sudo gedit /etc/apache2/apache2.conf

Cari baris yang menunjukan <Directory /var/www/> Kalau di saya itu ada pada baris ke-170. Biar lebih mudah kamu bisa menggunakan shorcut Ctrl + F dan ketikan baris nya.

Jika sudah ketemu, kan ada tulisan penutup dari /var/www/> tuh, nah di bawah itu kita tambahkan baris berikut:

<Directory /var/www/>
AllowOverride All
</Directory>

Jika sudah silahkan di save dan keluar

4. Restart apache2 lagi

Setelah berhasil mengatur AllowOverride kita restart kembali apache2 dengan perintah berikut di terminal:

sudo systemctl restart apache2

Selesai!

Seharusnya dengan cara di atas kita sudah bisa mengatasi Error Redirect URL(Not Found) di Linux. Namun apabila kamu masih gagal, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah.

Sekian untuk artikel Cara Mengatasi Error Redirect URL(Not Found) di Linux

Semoga bermanfaat.