UX/UI Designer and Linux Enthusiast.

23 Alasan mengapa menggunakan Linux (Based on experience)

mengapa menggunakan linux

Beberapa rekan bertanya mengapa saya menggunakan Linux? apakah mau sok-sokan jadi hacker? atau biar dibilang jago komputer?

Sebagai bentuk apresiasi dari pertanyaan-pertanyaan itu, saya pun memutuskan untuk menulis alasan-alasan yang selama ini saya kumpulkan mengapa pada akhirnya saya memilih Linux dan menetap di sistem operasi yang satu ini.

Apa itu Linux?

Linux merupakan sistem operasi yang ditemukan oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa dari Universitas Helsinki, Finlandia.

Linux dibuat pada tahun 1991, dan sejak saat itu sistem operasi yang satu ini terus berkembang begitu pesat.

Untuk Indonesia sendiri pelopor Linux adalah Bapak Onno W Purbo, seorang Ahli Komputer yang berhasil menemukan antena nirkabel bernama Wajanbolic e-goen.

Saya pribadi sudah hampir 3 tahun menggunakan Linux. Ketika duduk di kelas dua sekolah menengah atas saya mulai melakukan dual boot antara Windows dan Linux.

Dual boot sangat cocok untuk orang yang baru mau belajar Linux seperti saya kala itu.

Sebab dengan dual boot kita bisa belajar dan beradaptasi dengan Linux tanpa harus menghilangkan sistem operasi Windows.

Sebenarnya ada cara lain agar kita bisa menjalankan Linux tanpa harus menghapus Windows, yaitu dengan menginstall Linux di vmware atau virtualbox.

Hingga dipenghujung kelas tiga sma, saya sudah menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama saya, dan sejak saat itu juga saya tidak pernah lagi menggunakan Windows untuk kebutuhan sehari-hari.

Sok-sok Hacker?

Wkwk, sedikit geli sebenarnya ketika ada yang mengatakan kalau orang yang menggunakan Linux itu karena sok-sok ingin terlihat seperti hacker. Biar dibilang seperti Eliot Aderson pada series film Mr. Robot.

Padahal sebenarnya tidak seperti itu.

Tidak semua pengguna Linux bertujuan untuk membuat dirinya terlihat seperti hacker.

Ada yang menggunakan Linux karena tujuan untuk membuat server, ada yang menggunakan Linux karena ingin lebih fokus dan tidak mudah tergoda untuk bermain game, ada yang menggunakan Linux karena ingin membiasakan diri dengan command line.

Jadi secara jelas saya membantah kalau menggunakan Linux bukan karena sok-sokan mau dibilang hacker.

Mengapa menggunakan Linux?

Seperti disclaimer yang ada di atas, tulisan ini berasal dari pengalaman saya sendiri. Jadi alasan mengapa menggunakan sistem operasi yang satu ini juga berasal dari opini dan pengalaman saya juga.

1. Open source yang memberi kebebasan

Linus Benedict Torvalds seorang software engineer yang lahir pada 28 Desemper 1969.

Dialah sosok dibalik creator dan maintainer Linux kernel dan git distributed revision control yang dirancang untuk menangani proyek dari yang kecil hingga besar dengan kecepatan dan efesiensi.

Linus menjadikan Linux sebagai sistem operasi open source.

Sederhananya, sistem operasi open source adalah perangkat lunak yang kode programnya bersifat terbuka dan dipersilahkan oleh si developer untuk konsumsi secara umum agar bisa dipelajari, diubah maupun dikembangkan lebih lanjut.

Dan itulah penyebabnya mengapa Linux memiliki banyak sekali distro.

Nah karena sifatnya yang terbuka inilah memungkinkan kita memegang kendali penuh terhadap sistem operasi kita sendiri.

Katakanlah misal kita menginstal Ubuntu. Kita bisa mengcustom si Ubuntu ini, mulai dari penampilan hingga ke kernelnya.

Asik bukan?

Yang jelas, dari Linux kita jadi bisa belajar bagaimana cara kerja dari sistem operasi.

2. Ringan dan cepat

Sepertinya ini merupakan salah satu alasan mengapa saya mantap di Linux dan tidak menoleh lagi ke sistem operasi lainnya.

Linux itu sangat-sangat ringan, bung. Saking ringannya, kita bahkan bisa menginstall Linux meski cuma punya storage 30gb.

Nah karena ke ringanannya inilah yang membuat si Linux terasa begitu enteng dan cepat kita dipakai.

Cocok sekali untuk kamu yang suka menjalankan program-program berat maupun berlama-lama menggunakan laptop atau komputernya.

3. Ga perlu repot-repot ngecrack

Alasan berikutnya mengapa menggunakan Linux adalah karena sistem operasi yang satu ini gratis bung, jadi kita tidak perlu mencari dan melakukan crack, wkwk.

Yang jelas, karena Linux ini gratis dan open source artinya kita diberi kebebasan untuk melakukan apa saja.

Sedangkan jika di Windows dulu saya sendiri masih melakukan crack, jadi sedikit kurang bijak rasanya kalo saya mengeksploitasi sistem operasi crack an, wkwk.

4. Perihal keamanan tidak perlu diragukan lagi

Sebenarnya kalau kita bicara soal keamanan ini agak ambigu ya. Karena benar apa yang disampaikan oleh film Who am I

No System is Safe.

Who am I

Jadi sebenarnya tidak bisa menjadi patokan khusus kalau menggunakan Linux itu betul-betul aman. Kita masih berpotensi kedatangan malware kalau masih stupid dalam berselancar di dunia maya.

Sebagai contoh, sudah tahu mau mengakses dark web, tapi tidak menggunakan VPN. Hadeh, itu kan namanya mengundang maling masuk ke rumah kita.

Tapi memang dalam beberapa keadaan Linux lebih unggul keamanannya dibandingkan sisem operasi lain.

Dengan alasan, tetap bijaklah dalam berselancar di dunia maya.

5. Dukungan komunitas yang baik

Semua pengguna Linux pasti pernah mengalami error ataupun kebingungan. Untungnya, Linux memiliki komunitas yang besar dengan dukungan yang baik.

Biasanya, tiap-tiap distro memiliki website forum mereka masing-masing. Contoh:

Forum Arch Linux : https://bbs.archlinux.org/
Forum Manjaro : https://forum.manjaro.org/
Forum Ubuntu : https://ubuntuforums.org/
Forum Debian : http://forums.debian.net/
Forum Kali Linux : https://forums.kali.org/

Situs-situs forum di atas hanya contoh kecilnya saja. Distro-distro yang lain juga memiliki forum.

Dengan adanya forum ini, kita bisa saling berbagi, meminta pertolongan, bahkan ada beberapa forum yang mengadakan meet and great.

Nah dukungan komunitas ini turut menjadi alasan kuat mengapa kita seharusnya menggunakan Linux.

6. Stabil untuk server

Untuk poin yang satu ini mungkin lebih kita tekan kan pada server. Kestabilan di sini maksudnya lebih mengarah pada server website.

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa ada website yang bisa down?

Salah satu jawabannya adalah karena servernya tidak sttabil.

Linux menawarkan kestabilan untuk server kita.

Jika kita memiliki server yang stabil maka itu akan sangat membantu performa website kita.

Di artikel servermania.com yang berjudul How to quickly setup you own web server juga merekomendasikan Linux sebagai sistem untuk servernya.

7. Tidak perlu memikirkan soal driver

Salah satu hal yang membuat saya jengkel tiap kali menginstall Windows adalah harus mendownload dan menginstall drivernya kembali satu persatu.

Okelah jika yang kita installkan itu laptop orang lain, sehingga kita bisa menggunakan laptop atau komputer kita untuk mencarikan drivernya, sehingga kia hanya perlu memasukan serial number laptop tersebut di laptop kita.

Tapi bagaimana jadinya jika kita menginstall laptop kita sendiri? Duh repot tuh kalau lupa menyiapkan drivernya sebelum menginstall ulang.

Bayangkan saja jika kamu sudah menginstall ulang laptopmu, tapi belum ada drivernya. Jadi kamu pun memutuskan untuk mendownload drivernya.

Namun, kamu juga belum memiliki driver untuk wifi, jadi bagaimana bisa kita mendownload driver kalau laptop kita belum terkoneksi di internet?

Cukup repot bukan.

Syukurnya, Linux tidak seperti itu. Dan ini jugalah alasan mengapa saya sering sekali bergonta-ganti distro linux. Karena di Linux kita tidak perlu repot-repot mencari drivernya lagi. Ketika proses menginstall, Linux akan secara langsung mendeteksi driver untuk laptop kita.

8. Membiasakan diri dengan Command Line

Ketika memutuskan untuk menggunakan Linux, mau tidak mau kita akan terus berjumpa dengan command line di terminal.

Hal ini bisa membuat kita menjadi lebih terbiasa dengan command line, apa lagi buat teman-teman yang Developer.

9. Update sistem yang mudah

Pernah tidak teman-teman mengalami kesulitan ketika mau update Windows? atau kamu sebenarnya tidak mau mengupdate windows karena keterbatasan kuota internet, tapi windowsnya tetap mengalami update sendiri?

Tenang saja, semua kendala tersebut tidak akan kamu alami di Linux.

Linux merupakan sistem operasi yang sangat mudah di urus. Di Linux kita bisa mengupdate sistem kapan saja kita mau. Terlepas dari itu, cara update nya juga sangat-sangat mudah.

Kita cukup menjalankan perintah berikut dan sistem nya akan mengupdate

sudo apt-get update

atau untuk Arch Linux

sudo pacman -Sy

Karena saya menggunakan Arch Linux, maka saya akan mencotohkan cara update Linux di Arch Linux.

10. Mudah dalam proses Upgrade

Terlepas dari cara mengupdate nya yang mudah, Linux juga sangat mudah dalam urusan upgrade. Misal, kita saat ini sedang menggunakan Ubuntu versi 18.04 dan versi Ubuntu 2020.04 sudah keluar.

Untuk upgrade nya kita tidak perlu mendownload file installnya lagi. Kita cukup langsung mengupdgrade dari command line dengan perintah berikut:

sudo apt-get upgrade

atau untuk Arch Linux

sudo pacman -Syyu

11. Dapat belajar partisi hardisk

Sebenarnya di Windows kita juga bisa belajar partisi hardisk, tapi tidak semenantang di Linux. Jujur, saya pribadi saja baru belajar partisi hardisk ketika mau menginstall Linux.

Karena Linux lah saya jadi paham bagaimana caranya melakukan partisi pada hardisk, dan apa resikonya jika kita ternyata gagal atau salah ketika melakukan partisi Hardisk.

12. Lebih produktif

Linux tidak menyediakan dukungan untuk berpoyah-poyah perihal waktu, lantaran dikit-dikit kita akan berhadapan dengan terminal, dikit-dikit custom, jadi kesempatan untuk lebih produktif di Linux itu lebih tinggi.

13. Download dan install Aplikasi mudah

Saya yakin kita semua pernah merasa kesulitan ketika ingin install dan download aplikasi di Windows. Syukur-syukur jika aplikasi itu ada di store windows, bagaimana jika tidak ada?

Biasanya kita harus melakukan skip beberapa iklan terlebih dahulu baru bisa mendownload, atau tidak jarang juga kita sering tertipu malah download malware.

Syukurnya, selama saya menggunakan Linux berlum pernah merasakan hal itu.

Sebab Linux menawarkan kemudahan dalam urusan download dan install aplikasinya. Tidak percaya? coba teman-teman baca dan lihat panduan cara install burp suite di Arch Linux yang sudah saya tulis ini:

14. Cocok untuk komputer tua

Pada poin ke-2 sudah saya sampaikan bahwa Linux merupakan sistem operasi yang ringan. Saking ringannya, Linux akan tetap gahar meskipun di install pada komputer tua yang memiliki spesifikasi rendah.

Ada beberapa distro Linux yang memang dibuat untuk komputer tua, seperti Lubuntu, Tiny Core, Elive, dan masih banyak lagi

15. Banyak pilihan Desktop Environtment

Alasan lainnya mengapa menggunakan Linux adalah pilihan Desktop Environtment yang beragam. Di Linux kita tidak hanya bisa menginstall dengan satu tampilan, kita ditawarkan berbagai macam tampilan.

Kita bisa memilih Desktop environtment apa yang akan kita gunakan, ada Gnome Desktop, XFCE, KDE Plasma, dan masih banyak lagi.

16. Bisa Customisasi

Di atas saya sudah mengatakan bahwa Linux adalah distro kebebasan. Salah satu hal yang saya sukan dan menjadi alasan mengapa menggunakan Linux karena di Linux kita bisa melakukan customisasi tampilan.

Mulai dari tampilan Desktop, terminal, files, hingga login screen.

Kita juga bisa membuat tampilan Linux kita seperti Mac. Kamu tinggal perlu menginstall dan menambahkan theme mac di .themes pada directory home.

17. Sering Eror

Linux merupakan sistem operasi yang cocok untuk mereka yang mau terus belajar. Ketika memutuskan untuk menggunakan Linux, artinya kita juga telah memutuskan untuk siap menghadapi dan mempelajari eror yang ada.

Salah satu eror yang sering saya alami adalah terkait localhost dan python. Hehe.

18. Tool yang bervariasi

Alasan mengapa para hacker atau web pentester menggunakan Linux karena di sistem operasi ini akan tersedia tool yang beragam.

Tool-tool tersebut tentunya sangat menunjang proses pentester mereka.

Terlepas dari itu ada beberapa tool yang hanya bisa di install di Linux saja dan tidak support untuk Windows dan Mac. Oleh sebab itulah mengapa banyak hacker yang menggunakan linux untuk proses hacking mereka.

19. Mendukung banyak bahasa program

Linux merupakan distro yang banyak sekali support bahasa program, seperti Python, PHP, Perl, Java,C, C++, Vala, dan yang lainnya.

20. Mengurangi bermain game

Masih berkaitan dengan poin pada nomor 12, dengan menggunakan Linux kita bisa mengurangi aktivitas bermain game. Sebab Linux tidak memberikan kemudahan dalam menginstall game. Terlepas dari itu, saat ini masih sedikit developer game yang membuat game mereka support untuk dijalankan di Linux.

Oleh sebab itulah, karena keterbatasan game yang bisa diinstall di linux, kita jadi jarang untuk bisa bermain game di Linux.

Saya pribadi selama menggunakan Linux jarang sekali bermain game, mentok-mentok kalau bosan atau stres, saya menginstall minecraft di Linux.

21. Mudah digunakan

Selama ini orang-orang tersugesti bahwa Linux merupakan sistem operasi yang ribet dan susah digunakan. Padahal faktanya tidak begitu.

Justru menurut saya Linux jauh lebih digunakan daripada sistem operasi lainnya. Lantaran sifatnya yang open source.

22. Dapat diinstal pada PC maupun Mac

Lagi-lagi, karena kebebasan dari Linux, distro nya bisa kita instal pada pc maupun mac. Linux itu support pada hardware apa saja, jadi tidak mengekang dan berpatok pada hardware tertentu.

23. Cocok untuk pekerjaan multitasking

Karena keringanan dan kecepatan dari performa Linux, bukan tidak mungkin untuk kita melakukan beberapa aktvitas sekaligus di waktu yang bersamaan.

Barangkali di sistem operasi lain, multitasking adalah hal biasa, tapi sepengalaman saya sendiri, di windows masih sering mengalami crash jika kita melakukan multitasking.

Kesimpulan

Linux merupakan sistem operasi yang luar biasa. Sifatnya yang open source memungkinkan kita untuk mengexplore dan melakukan apa saja. Ketika proses mengexplore itu tentu akan banyak sekali masalah dan eror, hal ini bisa kita jadikan untuk bahan belajar.

Linux juga begitu ringan dan cepat, bahkan untuk komputer tua sekalipun. Tool yang banyak dan bervariasi juga mendukung mengapa kita seharusnya menggunakan Linux.

Linux bukan untuk mereka yang sudah ahli di komputer, melainkan Linux cocok untuk mereka yang mau terus belajar. Sebab ketika memutuskan untuk menggunakan Linux artinya kita telah membuka gerbang kebebasan melalui explore yang tanpa batas serta pesan eror yang terus bedatangan.

Nah itulah beberapa alasan mengapa kamu harus coba menggunakan Linux.

Semoga bermanfaat!

UX/UI Designer and Linux Enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *