Panduan Lengkap Tutorial Laravel Membuat Website dengan Laravel

Panduan Lengkap Tutorial Laravel Membuat Website dengan Laravel

Tutorial Laravel

Selamat datang di Tutorial Laravel versi Bingungonline.com. Pada panduan kali ini kita akan belajar laravel dan membahas bagaimana caranya mempraktekan ilmu pemrograman dan membuat website menggunakan Laravel.

Saat ini ada berbagai macam framework untuk membuat website. Salah satu framework yang banyak digemari berbagai kalangan adalah Laravel.

Hal ini dikarenakan Laravel jauh lebih mumpuni dari framework php lainnya. Seperti Codeigniter dan lain sebagainya.

Jika kamu sedang mencari panduan bagaimana menjadi web developer atau sekurang-kurangnya kamu sedang ingin belajar membuat website barangkali belajar laravel tidak ada salahnya.

Untuk konsep Belajar Laravel versi Bingungonline.com kita akan mempelajari teori dari laravel dengan langsung mempraktekannya. Jadi tutorial laravel versi bingungonline.com ini tidak hanya sekadar tutorial biasa.

Pada seri Tutorial Laravel ini kita akan belajar membuat website dengan laravel. Website yang akan kita buat adalah website seperti Instagram.

Kita bisa register, login, log out, dan tak lupa mengupload foto atau video kita.

Saya berharap dengan metode praktek semacam ini sobat bingungers jadi lebih mudah memahami belajar laravel dan tidak sekadar teori.

Apa itu Laravel?

Laravel adalah Framework PHP yang dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011.

tutorial laravel

Laravel merupakan framework PHP yang menggunakan metode Model View Controller atau yang biasa disingkat dengan MVC.

MVC merupakan suatu metode untuk memisahkan bagian-bagian dari web aplikasi.

Para pembuat Laravel menyaradari bahwa proses untuk ngoding atau menulis program harus menjadi hal yang menyenangkan. Jangan sampai kita terbeban dengan berbagai keribetan ketika proses ngodingnya.

Berlandaskan dari itu lah, Laravel memiliki slogan “PHP THAT DOESN’T HURT. CODE HAPPY & ENJOY THE FRESH AIR.”

Mengapa Belajar Tutorial Laravel?

Buat kamu yang datang di tutorial ini karena tidak sengaja atau sekadar ingin mencari tahu perihal Laravel, saya rasa kamu perlu mencoba laravel dan mempelajarinya. Kenapa? berikut alasannya.

1. Comman Line Tools (Artisan)

Menjadi alasan pertama mengapa saya begitu suka bekerja dengan Laravel. Sebagai pengguna Linux yang sudah terbiasa bekerja dengan menggunakan command line tentu ini akan menjadi hal yang sangat mengasikan.

Laravel merupakan Framework yang telah dibekali dengan command line tools bernama “Artisan”

2. Mempercepat Pekerjaan

Jika kamu orang yang tidak suka ribet tapi tetap menginginkan hasil yang optimal maka Laravel betul-betul cocok untuk kamu. Laravel dibangun dengan design pattern facade, hal ini membuat kita tidak perlu lagi berurusan dengan API dan library rumit lainnya.

3. Composer Powered

Composer merupakan Depedency Management PHP yang dapat membantu kita untuk mencari library yang ingin kita pakai dan menginstallnya.

Dengan adanya composer ini kita hanya perlu membuat sebuah file yang bernama composer.json

Tutorial Laravel

Di tutorial kali ini saya membaginya menjadi beberapa bab. Enjoy!

Agar lebih dekat dan mengetahui lebih banyak tentang laravel ada baiknya di bagian satu tutorial laravel ini kita mulai dengan bercerita sedikit perihal sejarah laravel dan membahas lebih lanjut kekuatan-kekuatan yang dimiliki laravel.

Setelah mengetahui lebih banyak tentang Laravel, kita akan mulai melaksanakan misi kita mempelajari laravel. Pertama-tama mari kita install terlebih dahulu Laravel di sistem operasi kita.

Jika kamu menggunakan Windows, maka gunakan panduan cara install laravel di Windows.

Apabila kamu menggunakan Linux, maka gunakan panduan cara install laravel di Linux.

Namun jika kamu menggunakan MacOS, maka gunakan panduan cara install laravel di MacOS.

Nah barangkali untuk tutorial laravel kita cukupkan sampai sini dulu. Tentu saya tidak akan berhenti mengupdate tutorial ini. Jadi tetaplah untuk selalu membersamai Bingungonline. Yuk gabung jadi sobat bingungers dengan mendaftarkan alamat email kamu.

Sekian untuk seri Panduan Lengkap Tutorial Laravel Membuat Website dengan Laravel

Join the discussion

Newsletter