12 Cara Rahasia Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

12 Cara Rahasia Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

meningkatkan loyalitas pelanggan

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan – Ketika produk kita direkomendasikan oleh pengguna adalah tanda yang jelas bahwa produk atau merek kita itu sudah dipercaya dan dihargai.

Tetapi, meskipun kita sudah mendapatkan perekomendasian dari pelanggan kita dan berhasil mendapatkan pelanggan baru, bukan berarti kita juga langsung mendapatkan loyalitas atau kesetiaan mereka.

Perlu kita sadari bahwa loyalitas pelanggan bukanlah sesuatu yang bisa kita dapatkan dalam satu hari.

Dibutuhkan banyak waktu dan upaya ekstra untuk mencapai tingkat hubungan itu dengan konsumen kita.

Apabila kamu sedang mencari panduan bagaimana pada akhirnya pelanggan-pelanggan kita bisa setia dengan produk dan layanan kita, saya rasa artikel ini cocok untuk kamu.

Apa itu Loyalitas Pelanggan?

Loyalitas pelanggan adalah keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian atau penggunaan layanan secara berulang dari produk/merek tertentu.

Biasanya, loyalitas pelanggan datang sebagai hasil dari pengalaman pelanggan yang puas entah itu dari segi layanan maupun produknya.

Secara logika, pelanggan yang loyal akan menyebarkan berita tentang bisnis yang mereka sukai, dengan begitu produk atau layanan kita bisa mendapatkan banyak pelanggan baru, nama yang naik, serta membuat produk kita menjadi lebih bertumbuh.

Serta dengan cara ini dapat mendorong lebih banyak pendapatan.
Menurut data, 61% konsumen menyatakan bahwa dengan suatu perusahaan atau toko menawarkan diskon dan hadiah adalah cara terpenting bagaimana merek atau produk dapat berinteraksi dengan mereka.

Dari perspektif konsumen, diskon atau layanan gratis yang kita tawarkan adalah hadiah yang menyenangkan untuk kolaborasi, sedangkan untuk bisnis kita, inisiatif semacam itu adalah langkah penting yang harus kita rencanakan, anggarkan, pertanggungjawaban dalam strategi email marketing kita.

Tetapi bagaimana cara mengetahui apa yang sebenarnya bisa mengubah pelanggan biasa menjadi pelanggan setia?

Statistik mengungkap bahwa promo diskon dapat menarik hingga 43% pelanggan menjadi betah dengan toko online kita. Sementara itu produk gratis juga berhasil merangkul hingga 27% kesetiaan dari pelanggan.

Tidak hanya itu, hadiah ekslusif juga berhasil mengundang hingga 10% kesetiaan pelanggan.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan 90% perusahaan berinvestasi dalam program loyalitas, muncul pertanyaan: mengapa kita perlu meningkatkan loyalitas pelanggan?

Mengapa Kita Harus Meningkatkan Loyalitas Pelanggan?

Berikut adalah beberapa alasannya

  1. Mengurangi biaya untuk menarik pelanggan baru.
    16 kali lebih mahal untuk mendapatkan pelanggan baru daripada menumbuhkan klien setia daripada pelanggan kita yang sudah ada.
  2. Peningkatan penjualan dan keuntungan
    Pelanggan yang setia rata-rata menghabiskan 31% lebih banyak dibandingkan dengan pelanggan baru, jadi mempertahankan basis data yang loyal adalah cara yang pasti dan baik untuk meningkatkan laba kita.
  3. Ikatan dan Relasi yang kuat dengan pelanggan yang ada
    Pelanggan yang loyal ingin sekali mendukung merek favorit mereka daripada memarahinya, sehingga mereka lebih banyak mendatangkan dampak positif untuk bisnis kita, mereka jugalah yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan penawaran bisnis kita secara cuma-cuma.
  4. Menambah jumlah referal
    Menurut data 81% pengguna mempercaya saran dari keluarga dan temen mereka, dibandingkan saran dari promosi bisnis yang berkeliaran. Dengan demikian, mendapatkan perekomendasian dari pelanggan yang puas dalam lingkaran komunikasi mereka bisa sangat bermanfaat untuk bisnis kita. Terutama di era jejaring sosial ini, di mana pemasaran secara digital mempermudah promosi bisnis.

Melihat dari berbagai alasan di atas, tentu kita sudah sama-sama memahami bahwa kita selayaknya membuat dan menumbuhkan kebahagiaan serta kepuasan untuk setiap pelanggan dari bisnis

Cara meningkatkan loyalitas pelanggan

1. Meningkatkan Loyalitas pelanggan dengan email marketing

Ada banyak cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, dimulai dengan ucapan terima kasih yang sederhana atau dengan kiriman emal ucapan selamat datang untuk program loyalitas multi-level.

Email menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Kita dapat membangun relasi serta hubungan yang kuat dengan mereka dan membuat penawaran atau promosi yang tepat waktu, memberikan email yang berisikan promosi dan diskon.

Kita juga bisa memberikan mereka hadiah seperti ebook gratis, atau bahkan kita juga bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan kita yang sedang berulang tahun.

Dengan segala upaya tersebut, kita jadi lebih dekat dengan pelanggan kita dan membuat mereka nyaman.

2. Pelajari perilaku konsumen

Agar kita bisa dapat menghasilkan penawaran yang relevan, kita perlu mempelajari preferensi, selera, penelusuran, atau riwayat pembelian pelanggan. Dengan memiliki data ini, kita dapat membuat grup dengan perilaku dan minat yang sama.

3. Personalisasikan Email yang kamu kirim

Dengan mengirim pesan yang dipersonalisasi, secara tidak langsung kita telah menunjukan bahwa kita memperlakukan pelanggan kita sebagai orang sungguhan, maksud dari orang sungguhan artinya kita tidak hanya sekedar menganggap mereka hanya bagian dari data saja.

Cara paling mudah untuk memulai email yang bersifat personal adalah dengan memanggil pelanggan kita dengan nama mereka.

Terlepas dari itu, ada cara lain bagaimana kita dapat mempersonalisasi pesan kita

  • Merekomendasikan produk dan layanan berdasarkan pembelian sebelumnya
  • Memberi tahu pengguna apakah produk yang mereka minati tersedia dalam stok atau bahkan sedang ada promosi dan diskon
  • Memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan kita yang sedang ulang tahun.

Contoh email personalisasi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

4. Berikan Value bagi pelanggan kamu

Kebanyakan pelanggan biasanya akan merasa bosan dengan email promo kembar, dengan begitu berikanlah beberapa value dalam kambanye dan promosi kita daripada hanya mencoba menjual.

Seperti memberikan tips yang berkaitan dengan produk atau layanan kita, atau bahkan kita juga bisa menyuguhkan beberapa dongeng untuk melibatkan pelanggan kita menciptakan ikatan emosional dengan cerita kita.

Kita juga dapat menjawab pertanyaan yang sering diajukan, mengirim ulasan, saran tentang cara menggunakan produk atau layanan kita, dan lain sebagiannya.

Mari kita ambil conto, Dermalogika. Mendedikasikan kampanye untuk hari tidur sedunia. Selain menunjukan produk perawatan kulit malam hari, mereka juga menyertakan beberapa tips tentang cara mengatur rutinitas tidur yang sehat.

Menarik bukan?

Kita juga dapat memastikan dan menetapkan bahwa merek kita sebagai merek yang betul-betul peduli terhadap para pelanggannya.

Lihatlah email selamat datang dari MobileMonkey. Mereka menyapa pelanggan baru dan mengirimkan survei langsung sehingga para pendatang baru dapat membantu perusahaan meningkatkan layanan mereka.

5. Pertimbangkan Preferensi dan Pendapat Pelanggan

Sederhananya : Semakin banyak pelanggan kita puas dengan layanan kita, semakin mereka menjadi loyal.

Pantau terus kepuasan pelanggan kita dengan mendapatkan feedback rutin dari mereka.

Tanyakan tentang prefereni mereka dan dorong mereka untuk membuat review produk.

Sebagai contoh, kamu dapat mengirimi mereka email survei yang menanyakan apakah mereka senang dengan layanan dukungan pelanggan atau meminta untuk menilai pengalaman terakhir mereka berkolaborasi dengan kamu.

Jadi, seperti yang kita ketahui bersama-sama, kesetian dan cinta pelanggan itu tidak dapat dipaksakan atau dibeli dengan sekedar memberikan diskon dan penawaran khusus saja. Kita perlu bekerja untuk itu dengan memberikan nilai kepada pengguna dan menunjukan bahwa kita menghargai kerjasama pelanggan dan bisnis kita.

Sekian untuk artika 12 Cara Rahasia Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Semoga bermanfaat dan jangan lupa sholawat

Join the discussion

1 comment
  • Wah, saya tidak jualan online gan, tapi tips nya sangat menarik, jika pelanggan dikasih bonus memang bikin orang tertarik.

Newsletter