Cara Membuat Fitur Pencarian Suara di WordPress

Fitur Pencarian Suara di WordPress | Saat ini voice search menjadi salah satu alat yang banyak digunakan manusia untuk memanjakan dirinya. Karena dengan pencarian suara, kita tidak perlu lagi panjang-panjang mengetik sesuatu untuk melakukan pencarian. Kita hanya perlu mengucapkan apa yang ingin kita cari, dan akan muncul.

Salah satu teknologi pencarian suara yang terkenal adalah Google Voice Search. Namun tenang saja, sekarang fitur voice search juga bisa kamu terapkan di website kamu..

Sebelumnya saya sudah membagikan cara membuat pencarian suara di Blogger. Kini saatnya saya akan membagikan cara membuat fitur pencarian suara di wordpress.

Untuk menambahkan fitur pencarian suara di wordpress, kita hanya perlu menginstall pluginnya dan melakukan beberapa pengaturan. Jadi kita tidak memerlukan pemrograman dalam tutorial kali ini.

Fitur pencarian suara tentunya dapat membantu para pengunjung kita dalam melakukan pencarian di blog atau website kita. Karena merasa termudahi, al hasil pengunjung kita betah berlama-lama di website kita.

Hal ini pun akan membuat bounce rate pada website kita meningkat. Oleh sebab itulah fitur pencarian suara sangat baik diterapkan untuk perkembangan website kita.

Terlepas dari itu, voice search juga membuat website kita jadi terlihat lebih maju dan lebih keren.

Cara Membuat Fitur Pencarian Suara di WordPress

Pertama-tama Silahkan login terlebih dahulu ke dashboard wordpress kamu.

Jika sudah, silahkan masuk ke menu plugin dan klik tambahkan plugin.

Pada kolom pencarian, ketikan “Voice Search”

Cari yang tampilannya seperti ini.

Jika kamu tidak menemukannya, kamu bisa langsung mendownloadnya menggunakan link di bawah ini

Jika sudah di download silahkan di install dan di aktifkan.

Selanjutnya untuk memasang pencarian suara di wordpress silahkan masuk ke menu Appearance dan pilih menu widget. Tambahkan Voice Search pada widget yang kamu inginkan.

Apabila semuanya sudah selesai. Silahkan periksa dan uji coba.

Informasi :

Plugin Voice Search baru bekerja dengan baik pada bebebrapa browser seperti Safari dan Chrome. Untuk Mozilla Firefox, masih akan menambahkan pilihan pencarian suara dalam wakut dekat.

Plugin Voice Search wordpress besutan Pascal Birchler ini bekerja dengan menggunakan speech API web (Application Program Interface)

Sekian untuk artikel Cara Membuat Fitur Pencarian Suara di WordPress

Semoga bermanfaat dan Jangan Lupa Sholawat

Tinggalkan komentar