Panduan Lengkap Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog dan Web 2020

Kamu memiliki sebuah blog dan hendak mendaftarkan ke google adsense? ada baiknya sebelum kamu mendaftar ke google adsense kamu perlu membuat halaman disclaimer terlebih dahulu untuk blog kamu.

Di artikel ini, saya dari bingungonline.com akan membagikan panduan lengkap cara membuat halaman disclaimer untuk blog kamu, agar bisa diterima google adsense.

Apa itu Disclaimer?

Dilansir dari wikipedia

Disclaimer adalah pernyataan yang dimaksudkan untuk menentukan atau membatasi ruang lingkup hak dan kewajiban yang dapat dilaksanakan dan ditegakkan oleh para pihak dalam hubungan yang diakui secara hukum.

Sederhananya halaman disclaimer bertujuan untuk menginformasikan kepada pembaca atau orang lain bahwa kamu tidak dapat dimintai tanggung jawab keakuratan mengenai informasi yang kamu bagikan.

Karena konten yang kamu bagikan diblog bukanlah konten seperti jurnal yang melalui tahap penelitian terlebih dahulu.

Disclaimer dapat berupa sebuah halaman, yang mana halaman tersebut nantinya bisa kita letakan di footer,sidebar ataupun menu pada header.

Mengapa Membuat Disclaimer untuk Blog?

Seperti pembuka pada artikel ini, beberapa orang membuat disclaimer untuk blog mereka adalah karena ingin mendaftar google adsense.

Terlepas dari itu, dengan memiliki disclaimer di blog artinya kita telah memberikan pernyataan bahwa konten yang kita bagikan di blog hanya sebatas informasi.

  • Contoh, jika blog kamu menawarkan informasi kesehatan dan saran medis, Disclaimer dapat membantu dengan membatasi tanggung jawab kamu ataus informasi medis yang kamu bagikan.
  • Jika kamu menjalankan blog yang membagikan banyak karya seni mu, Disclaimer dapat menyajikan informasi hak cipta dan dapat melindungi karya seni mu dalam bentuk hak cipta
  • Jika blog kamu menggunakan tautan afiliasi, disclaimer dapat membuat pengguna kamu mengetahui bahwa kamu akan memperoleh keuntungan jika mereka mengklik tautan afiliasimu.

Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus untuk membuat disclaimer di blog atau website kamu. Secara umum, kamu hanya perlu menjelaskan kepada pengunjung bahwasahnya mereka tidak harus bergantung pada konten blog kamu dan jika mereka tetap saja bergantung sepenuhnya, kamu tidak dapat diminta pertanggung jawaban.

Di artikel ini saya akan memberikan panduan membuat halaman disclaimer dengan menggunakan tool online.

1. Pertama-tama, silahkan kunjungi tautan berikut Disclaimer Generator

2. Apabila halamannya sudah terbuka, masukan nama blog/website mu serta masukan juga link nya, kemudian klik next.

cara membuat desclaimer untuk blog website

3. Pada form contact detail, masukan negara, provinsi, dan emailmu. Kemudian klik “Create Disclaimer”

cara membuat desclaimer untuk blog website

Selesai.

Selamat kamu sudah berhasil membuat halaman disclaimer untuk blog atau web kamu.

cara membuat desclaimer untuk blog website

Selanjutnya klik copy to clipboard, dan pastekan di halaman yang ingin kamu jadikan halaman disclaimer.

Sekian untuk artikel Panduan Lengkap Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog dan Website 2020

Semoga bermanfaat dan jangan lupa sholawat

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Membuat Halaman Privacy and Policy di Blog dan WordPress 2020

Tinggalkan komentar