Cara Install Plank Dock di Ubuntu

Hosting Unlimited Indonesia

Cara Install Plank di Ubuntu | Mungkin kamu bosan dengan tampilan unity ubuntu yang menempatkan menu-menu atau shortcut-shortcut di bagian kiri layar.

apabila kamu termasuk orang yang suka mengcustom tampilan sistem operasi kamu, maka dock pun harus ikut dicostum. Kamu bisa mencoba dock di ubuntu, ada banyak aplikasi dock di ubuntu, tapi faforit saya adalah plank.

Apa itu Plank?

Plank adalah aplikasi dock untuk linux yang simple, dan mudah digunakan,
untuk menambahkan icon pada dock, kamu perlu menjalankan terlebih dahulu aplikasi tersebut, lalu klik kanan pada icon aplikasi yang kamu buka, lalu pilih Keep in Dock.

Pada plank kamu juga dapat menambahkan shortcut yang mengarah kesuatu folder, dengan cara klik tahan dan drag folder yang kamu inginkan ke plank.


Sayangnya plank tidak mempunyai setting GUI, sehingga apabila kamu ingin setting dock kamu, kamu perlu mengedit file settingnya, dengan cara buka file direktori Home kamu lalu tekan CTRL + H untuk melihat semua hidden file, kemudian buka folder .config pilih plank kemudian pilih dock1 setelah itu buka file setting

Kamu akan mengedit file ini seperti dibawah,k eterangan di file ini sudah cukup jelas, kamu akan mengedit apa, dan bagaimana cara kamu mengeditnya, misal kamu ingin mengedit ukuran dari dock kamu


kamu cari tulisan “iconsize“, di file ini kamu sudah diberi keterangan bahwa angka dari icon size adalah dalam pixel, sehingga kamu tinggal merubah angka dari iconsize (yang saya block), disini saya memasukkan 32, yang berarti 32 pixel.

cara install plank di ubuntu
Sumber : http://yeupdate.blogspot.com

Misal kamu ingin merubah mode dari dock, apabila kamu ingin mode apa kamu harus memasukkan angka berapa, disini saya memasukkan hidemode 1, yang berarti saya memilih mode intelligently hide, selebihnya bisa kamu lihat di file setting.

cara install plank di ubuntu
SUMBER : HTTP://YEUPDATE.BLOGSPOT.COM

Cara Install Plank di Ubuntu

Pertama-tama, mari kita buka terlebih dahulu terminal kesayangan kita, bisa dengan menggunakan shortcut keyboard Ctrl + Alt + T

Kemudian masukan perintah di bawah ini

sudo add-apt-repository ppa:ricotz/docky
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank

secara default, Plank tidak menyediakan tema tambahan, apabila kamu ingin memiliki tema yang lain, masukkan command di bawah ini ke terminal kamu

sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps
sudo apt-get update
sudo apt-get install plank-themer
cd /tmp/ && ./Replace.sh;cd

Lalu akan muncul icon folder di dock kamu, yang apabila kamu klik akan menunjukkan pilihan tema yang tersedia, seperti gambar dibawah

cara install plank di ubuntu
SUMBER : HTTP://YEUPDATE.BLOGSPOT.COM

Bila tidak muncul, selain melalui icon ini, kamu juga dapat memilih tema dock kamu dengan cara, buka Home direktori file kamu tekan CTRL + H agar semua hidden file dapat terlihat, kemudian buka folder .config setelah itu pilih plank, kemudian pilih dock1..

selanjutnya pilih theme_index, dan terakhir buka folder plank-themer-ondock disini tersedia tema-tema yang bisa kamu gunakan dengan cara double klik tema yang ingin kamu gunakan.

trik agar kamu tidak melihat unity launcher di ubuntu kamu, sehingga kamu hanya akan melihat dock plank saja adalah dengan mengatur unity launcher menjadi auto hidden.

Dengan cara klik kanan di desktop kamu (wallpaper), pilih Change Desktop Background, kemudian pilih tab Behavior, ubah menjadi ON pilihan Auto-hide the launcher.

cara install plank di ubuntu
SUMBER : HTTP://YEUPDATE.BLOGSPOT.COM

Cara membuat Plank Berjalan Otomatis

Agar Plank dapat berjalan secara otomatis ketika komputer dihidupkan, kamu perlu menambahkan plank pada startup application di ubuntu kamu dengan cara, cari startup applications ubuntu di dash ubutnu kamu, cari dengan keyword “startup applications”

Buka startup applications, klik Add, lalu pada kolom Name: masukkan “plank” pada kolom Command: masukkan “plank”lalu klik Add. seperti gambar dibawah

cara install plank di ubuntu
SUMBER : HTTP://YEUPDATE.BLOGSPOT.COM

lalu silahkan restart ubuntu kamu,

Yang terjadi pada saya adalah, setelah saya menginstall plank, pada saat plank berjalan, saya tidak bisa shutdown atau restart melalui tombol yang ada di pojok kanan atas ubuntu.

Sehingga plank harus dimatikan terlebih dahulu (Quit) baru kemudian restart, shutdown, dll yang ada di pilihan tombol pojok kanan atas ubuntu dapat bekerja lagi

atau solusi lainnya adalah dengan menambahkan pilihan shutdown, restart, dll di dash ubuntu yang bisa kamu lihat disini power-command

[UPDATE] :

solusi lain dari masalah diatas adalah, dengan men-delay aplikasi dock selama 5 detik dari autostart, caranya

cari startup applications ubuntu di dash ubutnu kamu, cari dengan keyword “startup applications”, buka startup applications
klik Add,
lalu pada kolom Name: masukkan Plank
pada kolom Command: masukkan sh -c “sleep 5 && /usr/bin/plank”
pada kolom comment: masukkan Plank Docker
lalu klik Add,
yang artinya, jika kamu menemui masalah seperti yang saya alami,
silahkan kamu hapus atau kamu lewati langkah yang saya block tulisannya warna merah diatas, dan ganti dengan cara ini ([UPDATE])

Divi WordPress Theme

UNLIMITED DOWNLOADS: 500,000+ Website Templates & Design Assets

All the Website Templates you need and many other design elements, are available for a monthly subscription by subscribing to Envato Elements. The subscription costs $29 per month and gives you unlimited access to a massive and growing library of 500,000+ items that can be downloaded as often as you need (stock photos too)!

Tinggalkan komentar

close