Apa itu Afiliasi? – Pengertian dan Sejarah Afiliasi

Apa itu Afiliasi? – Pengertian dan Sejarah Afiliasi | Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang bertanya kepada saya dari mana sumber penghasilan saya. Terlepas dari adsense saya juga mendapatkan sumber penghasilan melalui afiliasi.

Beberapa orang yang mendengar jawaban saya tersebut merasa kebingungan, bahkan tidak sedikit yang mengatakan jangan sok inggris.

Apakah penggunaan kata afiliasi se asing itu untuk saat ini?

Agar semuanya menjadi lebih jelas, saya pun memutuskan untuk menuliskan pengertian dari apa itu afiliasi. Tak tanggung-tanggung, melalui artikel ini juga saya dari bingungonline.com akan membagikan sejarah afiliasi yang belum banyak orang ketahui.

Bagaimana penasaran bukan?

Namun sebelumnya buat kamu yang menyukai topik pembahasan mengenai Bisnis Online, kamu bisa membaca di sini

Apa Itu Afiliasi?

Pengertian Afiliasi menurut KBBI

Afiliasi adalah bentuk kerja sama antara dua lembaga pendidikan, biasanya yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri; bantuan yang diberikan oleh lembaga yang lebih besar dalam bentuk personel, peralatan, atau fasilitas pendidikan.

Pengertian Afiliasi menurut Wikipedia

Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama. Pembentukan kontak sosial ini menghasilkan sebuah pertalian.

Pengertian Afiliasi menurut Pengertiandefinisi-arti

Afiliasi adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri. Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan “anggota” atau “cabang”.

Namun dalam terminologi bisnis online, pengertian afiliasi mengalami sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”.

Di luar negeri, pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.

Nah bagaimana? apakah kamu sudah paham mengenai pengertian afiliasi dari tiga sumber di atas?

Masih kurang jelas?

Baik, mari kita sederhanakan.

Anggap saja kamu mempunyai perusahaan yang membuat produk-produk jam tangan. Berbagai macam upaya untuk memasarkan produk sudah kamu lakukan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

Salah satu upaya untuk mengenalkan produk kamu ke banyak orang adalah dengan mengajak orang menjual produk kamu.

Posisinya di sini saya tertarik untuk bergabung dan menjual produk dari perusahaanmu.

Setiap produk yang berhasil saya jual, perusahaan yang kamu miliki akan memberikan saya komisi, sesuai dengan ketetapan komisi dari perusahaan yang kamu miliki.

Nah, itulah afiliasi.

Sebuah bentuk kerjasama yang akan saling menguntungkan.

Arti Afiliasi sendiri terus mengalami perkembangan, hal ini dikarenakan tuntutan akan keperluan dari penggunan internet di dunia.

Nah selain itu pada dasarnya pengerjaan Bisnis Afiliasi ini susah gampang.

Susahnya pada bisnis afiliasi yaitu pada pemasarannya atau yang sering disebut Affiliate Marketing

Bisnis Afiliasi itu sama halnya dengan Sales atau MLM. Jadi kita memasarkan produk orang lain dan jika kita berhasil menjualnya kita akan mendapatkan komisi berdasarkan yang telah ditentukan.

Bagaimana? sudah terjawab mengenai apa itu afiliasi?
Jika sudah, mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya

Sejarah Afiliasi

Awal Mula Afiliasi – Tahun 1994

Pada tahun 1994, CDNow merilis BuyWeb. Pada saat itu CDNow mengajak website lain untuk bergabung dengan program yang mereka buat.

Al-hasil seiring berjalannya waktu, mulai banyak website yang ikut bergabung dengan program tersebut. Karena sistemnya memang mudah.

Website-website tersebut hanya perlu mencantumkan link yang menuju ke BuyWeb. Ya, jika istilahnya sekarang semacam backlink lah.

Nah nantinya, jika pada website yang mencantumkan link tersebut terdapat transaksi dari pengunjung, maka website tersebut akan mendapatkan komisi.

Perjalanan Bisnis Afiliasi dari Amazon – Tahun 1996

Bermula dari CDNow yang merilis BuyWeb, dunia bisnis online seolah tersadarkan bahwa bisnis afiliasi memiliki peluang yang sangat besar. Baik bagi pemilik produk ataupun pemasar.

Selang dua tahun setelah peluncuran CDNow, Jeff Bezzos melirik bahwa industri afiliasi memiliki peluang yang sangat besar untuk memanjukan amazon.

Hingga pada tahun 1996, Amazon merilis program associate. Pada saat itu, mereka hanya menjual produk buku, film, dan musik. Komisi yang diberikan pada website-website afiliasi sekitar 5%-15%.

Seiring berjalannya waktu, banyak affiliate marketer dari seluruh penjuru dunia yang berkata bahwa program affiliate dari Amazon ini telah merubah segalanya. Bahkan mereka menyadari, jika pada saat itu Amazon tidak mengambil langkah untuk merilis program associate, industri affiliate marketing tidak akan sebesar seperti saat ini.

Karena pada saat itu belum banyak toko online, orang-orang yang memiliki website pun berlomba-lomba untuk memanfaatkan trafik mereka dengan memasang link dari Amazon. Yang mana apabila terjadi transaksi, mereka akan mendapatkan komisi.

Dari situ pula lah, Toko Online besutan Jeff Bezzos ini secara cepat menjadi raksasa dalam dunia toko online. Dan secara terus menerus menambah produk baru.

Tak ingin kalah saing, di tahun 1996, Jaringan afiliasi yang bernama LinkShare diluncurkan. Hal itu menunjukan pengesahan akan adanya konsep affiliate marketing.

Perjalanan panjang Afiliasi Commission Junction – Tahun 1998

Sejarah Affiliate marketing terus berlanjut. Pada tahun 1998, tepatnya di Santa barbara, California. Dirilislah Commission Junction.

Commission Junction adalah perusahaan periklanan online yang dimiliki oleh Alliance Data.

Alliance Data sendiri merupakan sebuah perusahaan yang beroperasi di industri pemasaran afiliasi.

Banyak media yang menyebut bahwasahnya Commission Junction merupakan salah satu jaringan afiliasi di dunia yang paling sukses sepanjang masa.

Bahkan, saat diakusisi oleh ValueClick senilai 58$ Juta. Hingga kini Commission Junction masih berhasil menjadi salah satu jaringan afiliasi paling besar dan sukses di dunia.

Perjalanan afiliasi di tahun 1998 tidak hanya diwarnai oleh perjalanan bisnis affiliate marketing commission junction saja.

Pada tahun 1998, sebuah jaringan afiliasi bernama ClickBank juga diluncurkan.

Mulai Muncul Regulasi pada Bisnis Afiliasi – Tahun 2000

Dilansir dari productlaunch.id. Pada awal abad ke-20 inilah Federal Trade Commission (FTC) mulai menyadari bahwasahnya Bisnis Affiliate Marketing memiliki potensi yang sangat besar dalam dunia bisnis online.

Oleh sebab itulah, FTC berusaha membuat regulasi untuk internet dengan laporan penyingkapan atau disclosure statement sederhana.

Digelarnya Affiliate Summit pertama – Tahun 2003

Tahun 2003, Herby Olschewski mengadakan Affiliate Force.

Affiliate Force sendiri merupakan Affiliate summit pertama. Karena mulai banyaknya pelaku bisnis affiliate marketing yang ada di seluruh penjuru dunia, maka di adakanlah acara ini. Sebuah konferensi untuk mempertemukan para affiliate marketer.

Tahu kah kamu, Affiliate force diadakan di atas kapal pesiar yang berlayar sepanjang Miami, Florida. Wih asik sekali bukan?

Selama beberapa tahum, Affiliate Force rutin diadakan, entah dari mana dananya.

Sayangnya, Affiliate Force terpaksa berhenti karena tidak adanya penanganan manajemen yang baik dalam kegiatan tersebut.

Tetapi tenang saja, pada tahun yang sama dimana affiliate force berhenti diadakan, langsung ada penggantinya.

Diselenggarakanlah affiliate summit yang memiliki konsep hampir sama dengan affiliate force.

Untuk Affiliate Summit pengganti Affiliate Force ini diadakan pertama kali di New York City.

Ketika pertama kali diadakan, hanya ada 200 orang yang menghadiri acara tersebut.

Meskipun sedikit yang datang, bukan menjadi alasan untuk memberhentik Affiliate Summit ini.

Kemudian Affiliate Summit rutin diadakan dua kali dalam setahun di New York City dan Las Vegas. Berkat usaha panitia, akhirnya peserta mencapai 5.000 orang. Dan saya yakin, sekarang mungkin lebih.

Rakuten Akuisisi Linkshare – Tahun 2005

Pada tahun 2005, perjalanan bisnis afiliasi semakin menyenangkan jika kita ulas kembali.

Ditahun inilah terjadi, akuisisi affiliate LinkShare yang dilakukan oleh Rakuten,menurut berbagai info, Akuisisi ini merupakan akuisisi affiliate terbesar hingga saaat ini, yaitu senilai US$425 juta.

Dengan adanya akuisisi ini, affiliate marketing yang dilakukan oleh Linkshare dan Rakuten menjadi lebih fokus dari sebelumnya.

Al hasil, Rakuten Linkshare menjadi salah satu jaringan afiliasi besar di dunia.

Penambahan Regulasi dari FTC – Tahun 2009

Setelah 15 tahun industri afiliasi berjalan, hari demi hari terus mengait para affiliate marketer baru. Hal ini pun semakin meraik perhatian Federal Trade Commission.

Hingga pada akhirnya, pada tahun 2015, FTC merumuskan regulasi baru yang mengharuskan pada blogger, selebriti, influencer, dan affiliate marketer untuk menyertakan disclosure statement ketika menggunakan testimoni.

Regulasi tersebut juga berlaku untuk setiap perjanjian kompensasi yang mereka dapatkan dari topik, layanan, atau brand yang mereka referensikan.

Itulah sebabnya mengapa hingga saat ini ini hampir seluruh website memiliki disclosure statement, kebijakan, dan ketentuan tersendiri untuk menjalankan bisnis afiliasi mereka.

Evolusi dalam Dunia Afiliasi – Tahun 2013

Pada tahun 2013, Amerika Serikat mengenalkan Marketplace Fairness Act, sebuah regulasi yang mengharuskan vendor online untuk mengumpulkan pajak penjualan.

Selama beberapa tahun ke depan, pemerintah dan FTC pun bekerja sama menemukan cara-cara baru dan sederhana untuk menerapkan pajak pada bisnis online, seiring dengan kontrol yang mereka miliki terhadap affiliate marketing.

Nah itulah pengertian dari Apa itu afiliasi dan pembahasan singkat mengenai sejarah afiliasi. Saya harap dengan adanya artikel ini, bisa menambah wawasan kamu dalam dunia afiliasi.

Buat kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia afiliasi, kamu bisa melihat daftar situs afiliasi yang membayar mahal di bawah ini

10+ Daftar Program Bisnis Afiliasi Indonesia Terbaik dan Terbukti Membayar

17+ Daftar Program Affiliate Marketing Terbaik dan Terbukti Membayar

Sekian untuk artikel Apa itu Afiliasi? – Pengertian dan Sejarah Afiliasi

Semoga bermanfaat dan jangan lupa sholawat.

Tinggalkan komentar